Hasil-hasil evalusi kurikulum dapat digunakan oleh guru, kepala
sekolah dan para pelaksana pendidikan lainnya dalam memahami dan membantu
perkembangan siswa, milih bahan pelajaran, memilih metode dan alat bantu
pelajaran, cara penilaian serta fasilitas pendidikan lainnya.
Evalusi kurikulum sukar dirumuskan secara tegas, disebabkan beberapa
faktor, yaitu:
1. Evaluasi kurikulum berkenaan dengan fenomena yang terus berubah.
2. Objek
evalusi kurikulum adalah sesuatu yang berubah-ubah sesuai konsep kurikulum yang
digunakan.
Evaluasi dan kurikulum merupakan dua disiplin yang berdiri sendiri.
Perubahan dalam kurikulum berpengaruh pada evaluasi kurikulum, sebaliknya
perubahan evaluasi akan member warna pada pelaksanaan kurikulum. Hubungan
antara evaluasi dengan kurikulum bersifat organis, dan prosesnya berlangsung
secara evolisioner.
Evaluasi merupakan kegiatan yang luas, kompleks dan terus menerus
untuk mengetahui proses dan hasil pelaksanaan system pendidikan dalam mencapai
tujuan yang telah ditentukan. Komponen-komponen kurikulum yang dievaluasi juga
sangat luas. Program evalusi kurikulum bukan hanya mengevalusi hasil belajar
siswa dan proses pembelajarannya, tetapi juga desain dan implementasi
kurikulum, kemampuan unjuk kerja guru, kemampuan dan kemajuan siswa, sarana,
fasilitas, dan sumber-sumber belajar lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar