RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas / Semester :
XI / Semester 2
Materi Pelajaran : Sistem Koloid dan Penggunaannya dalam kehidupan
sehari-hari
Jumlah Pertemuan :
1X pertemuan (2 jam pelajaran)
A.
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
a)
Menyadari adanya
keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan
pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat
tentatif.
b)
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif,
terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab,
kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif ) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
c)
Mendeskripsikan pengertian sistem koloid
d)
Mendeskripsikan pengertian sistem dispersi
e)
Mendeskripsikan pengelompokan dari sistem dispersi
f)
Mendeskripsikan contoh penggunaan koloid dalam kehidupan
sehari-hari
C.
Indikator Pembelajaran
a)
Dapat menjelaskan pengertian sistem koloid
b)
Dapat menjelaskan sistem dispersi
c)
Dapat menjelaskan pengelompokan
dari sistem dispersi
d)
Dapat
menjelaskan pengelompokan dari tipe koloid
e)
Dapat menjelaskan contoh penggunaan koloid
dalam kehidupan sehari-hari di
bidang industri
f)
Dapat menjelaskan contoh penggunaan koloid
dalam kehidupan sehari-hari di
bidang pangan
g)
Dapat menjelaskan contoh penggunaan koloid
dalam kehidupan sehari-hari di
bidang
Kosmetik
D.
Tujuan Pembelajaran
a)
Siswa dapat menjelaskan pengertian sistem koloid
b)
Siswa dapat menjelaskan sistem dispersi
c)
Siswa dapat menjelaskan pengelompokan
dari sistem disperse
d)
Siswa dapat menjelaskan pengelompokan dari tipe koloid
e)
Siswa dapat menjelaskan contoh penggunaan koloid
dalam kehidupan sehari-hari di
bidang industri
f)
Siswa dapat menjelaskan contoh penggunaan koloid
dalam kehidupan sehari-hari di
bidang pangan
g)
Siswa dapat menjelaskan contoh penggunaan koloid
dalam kehidupan sehari-hari di
bidang
Kosmetik
E.
Materi Pembelajaran
Sistem
koloid dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
F. Metode Pembelajaran
Pendekatan :
Saintifik
Model :
Pembelajaran Langsung, Cooperative Learning
Teknik :
Demonstrasi
G. Media
Pembelajaran Dan Sumber Pembelajaran
1. Media Pembelajaran
-
Powerpoint
-
Alat bantu
demonstrasi
2. Sumber Pembelajaran
-
KIMIA Untuk
SMA/MA Kelas XI Semester 2. Penerbit PT Intan Pariwara
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Tahap
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Mengucapkan salam
b. Meminta salah satu siswa memimpin doa
c. Mengabsen siswa
d. Menyampaikan tujuan pembelajaran
e. Menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
|
(Eksplorasi)
a. Guru menjelaskan pengertian
sistem koloid
b. Guru
menanyakan
apa yang siswa ketahui tentang pemanfaaan atau penggunaan koloid dalam
kehidupan sehar laju reaksi pada kehidupan sehari - hari? Apa
perbedaan koloid dengan larutan?
Mengapa santan termasuk dalam conto koloid ?
c. Guru memberi kesempatan untuk
siswa bertanya
d. Guru menjelaskan
penggunaan koloid dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang industri, pangan,
dan kosmetik.
(Elaborasi)
e. Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok (1 kelompok
terdiri dari 6 orang )
f. Guru meminta setiap kelompok memahami dan mengerjakan
LKS.
g.
Guru meminta
perwakilan setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan memberi
kesempatan kepada siswa lain untuk menanyakan materi yang telah disampaikan
kelompok penyaji.
h.
Setiap kelompok
menyajikan laporan hasil percobaan tentang sistem koloid
i.
Guru melakukan
pengamatan dan menilai presentasi dan laporan masing – masing kelompok.
(Konfirmasi)
j.
Guru memberi
tanggapan dan umpan balik bagi setiap kelompok
|
55 menit
|
Kegiatan
penutup
|
a.
Peserta
didik diberikan ulasan singkat tentang pembelajaran dan hasil belajarnya.
b.
Peserta
didik membuat rangkuman dari keseluruhan pembelajaran sebagai refleksi.
c.
Guru memberikan
tugas mandiri dan tugas kelompok.
d.
Guru menyampaikan
materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
e.
Guru mengakhiri
pembelajaran dengan mengucapkan salam
|
20 menit
|
I.
INSTRUMEN
PENILAIAN
a)
Tugas Diskusi
Kelompok
Contoh
penggunaan koloid dalam kehidupan sehari-hari :
Nama Kelompok
|
Penilaian
|
Jumlah Skor Penilaian
(100)
|
||||
Kehadiran di laboratorium (20)
|
Keaktifan dalam melakukan percobaan sistem
koloid (20)
|
Keaktifan dalam mendemostrasikan sistem
koloid (10)
|
Cara penyajian presentasi (20)
|
Ketepatan dalam menjawab pertanyaan (30)
|
||
Kelompok 1
|
||||||
Kelompok 2
|
||||||
Kelompok 3
|
||||||
Kelompok 4
|
||||||
Kelompok 5
|
||||||
Kelompok 6
|
b)
Tugas Kelompok
1.
Catatlah dalam selembar kertas disertai tabel
mengenai penggunaan koloid dalam kehidupan sehari dalam bidang industi, pangan
dan kosmetik!
c)
Tugas Mandiri
1.
Carilah penggunaan koloid dalam bidang farmasi!
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1 Rasau Jaya
Abdul Rahman I, S.Pd.
NIP. 196212311986011032
|
Rasau Jaya, 21 Juni 2014
Guru Mata Pelajaran Kimia
Irwanda As Yanto, S.Pd.
NIP. 190211199413071994
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar