TUGAS
INDIKATOR
DAN FORMAT PENILAIAN (EVALUASI)
PEMBELAJARAN
MATA
KULIAH : TELAAH KURIKULUM
DOSEN
PENGAMPUH : RODY PUTRA SARTIKA
S.pd, M.pd
OLEH :
IRWANDA AS YANTO
F02112053
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN KIMIA
JURUSAN
PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
TANJUNGPURA
PONTIANAK
2014
INDIKATOR
DAN EVALUASI
KI 1
: Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
1
|
1.1
Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran
Tuhan YME dan pengetahuan
tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif
1.2 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu, disiplin,
jujur, objektif, terbuka, mampu
membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif,
inovatif, demokratis,
komunikatif ) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
·
Memberi
salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
·
Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan tugas.
·
Mengerjakan tugas
yang diberikan oleh guru
·
Datang tepat waktu
|
2
|
2.1 Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta
hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
|
·
Menghormati guru dan
orang yang lebih tua.
|
3
|
3.1
Memahami
hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium serta peran kimia dalam kehidupan.
|
·
Menggunakan sarung
tangan,masker dan jas lab saat berada di laboratorium
·
Mematuhi peraturan
saat berada di dalam laboratorium
·
Menerapkan penggunaan
alat dan bahan kimia dilaboratorium
|
4
|
4.3 Mengolah dan menganalisis truktur atom berdasarkan teori atom Bohr dan
teori mekanika kuantum.
|
·
Menjelaskan teori
atom mekanika kuantum.
·
Menentukan
bilangan kuantum (kemungkinan elektron berada)
·
Menggambarkan bentuk-bentuk orbital.
·
Menjelaskan kulit dan
sub kulit serta hubungannya dengan bilangan kuantum
|
KI 1
Tujuan Pembelajaran KD 1.1
1.
Siswa
dapat memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang
dianut.
2.
Siswa
dapat mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan tugas.
Tujuan Pembelajaran KD 1.2
1. Siswa
dapat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
2.
Siswa datang tepat
waktu
KI 2
Tujuan Pembelajara KD 2.1
Siswa menghormati guru dan orang
yang lebih tua
KI 3
Tujuan Pembeajaran KD 3.1
1. Siswa
dapat menggunakan sarung tangan,masker dan jas lab saat berada di laboratorium
2. Siswa
dapat mematuhi peraturan saat berada di dalam laboratorium
3.
Siswa dapat menerapkan
penggunaan alat dan bahan kimia dilaboratorium
KI 4
Tujuan Pembelajaran KD 4.3
1.
Siswa dapat menjelaskan
teori atom Bohr dan mekanika kuantum.
2. Siswa
dapat menentukan bilangan kuantum (kemungkinan elektron berada)
3. Siswa
dapat menggambarkan bentuk-bentuk
orbital.
4. Siswa
dapat menjelaskan kulit dan sub kulit serta hubungannya dengan bilangan kuantum
5.
Siswa dapat menyatakan
kelemahan teori atom Bohr dan mekanika
kuantum.
FORMAT EVALUASI BERUPA TABEL DAN
SOAL
Evaluasi KI 1 dan KI 2 = Aspek sikap
No
|
Nama
|
Karakter yang dievaluasi
|
Jumlah
|
||||
Religius
|
Tanggung Jawab
|
Jujur
|
Sopan Santun
|
Disiplin
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
Keterangan :
·
Religius
Skor :
0 = untuk yang tidak berdoa ataupun
mengucapakan salam
1 = untuk yang berdoa dan mengucapkan
salam asal – asalan
2 = untuk yang berdoa khusyuk dan
mengucapakan salam dengan benar
·
Tanggung jawab, jujur,
sopan santun dan disiplin
Skor :
0 = untuk yang tidak teramati
1 = untuk yang teramati
Evaluasi
KI 3
No
|
Nama
|
karakter yang dievaluasi
|
Jumlah
nilai
|
|||
Ketepatan
merangkai alat percobaan
|
Ketepatan penggunaan alat
|
kebersihan
|
Penggunaan keselamatan kerja
|
|||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
Keterangan :
·
Ketepatan merangkai
alat percobaan
Ket: 0= tidak dilakukan
1= rangakaian alat
kurang sesuai prosedur
2= rangkaian alat sesuai
prosedur
·
Ketepatan penggunaan
alat
Ket: 0= tidak menggunakan alat yang tepat
1= menggunakan alat yang tepat
·
Kebersihan
Ket: 0=tidak menjaga kebersihan tempat praktikum
1=kurang menjaga kebersihan tempat
praktikum
2=menjaga kebersihan tempat
praktikum
·
Penggunaan keselamatan
kerja
Ket: 0=tidak menggunakan keselamatan kerja
1=menggunakan keselamatan kerja
tetapi tidak lengkap
2=menggunakan
keselamatan kerja lengkap (jas lab, masker, sarung tangan)
Soal
1.
Jelaskan
teori atom Bohr dan mekanika kuantum!(skor 10)
Jawaban=
Teori
atom niels bohr (1913) = spektrum garis
menunjukkan bahwa elektron dalam atom hanya dpat beredar pada lintasan dengan tingkat
energi tertentu
mekanika
kuantum = elektron tidak dapat dipastikan
keberadaannya
2.
Berapa nilai
n dan l untuk sub kulit berikut : 3s, 5d dan 4f ?(skor 30)
Jawaban=
·
sub kulit 3s
menujukkan nomor kulit, jadi n= 3
subkulit s memiliki l=0
·
sub kulit
5d, n= 5
subkult d memiliki l=2
·
sub kulit
4f, n=4
subkulit f memiliki l=3
3.
Gambarkan
orbital dari atom-atom berikut (skor 30)
Nama atom
|
Nomor atom
|
Oksigen
|
8
|
Natrium
|
11
|
Nikel
|
26
|
Jawaban= terlampir
4.
Untuk kulit
dengan n=6, berapa nilai l yang mungkin? (skor 20)
Jawaban= untuk kulit ke-n, maka maksimal l yang mungkin adalah n-1
Jadi untuk kult ke-6, l yang mungkin adalah 1,2,3,4 dan 5
5. Apa
kelemahan teori atom Bohr?(skor 10)
Jawaban=
elektron tidak mungkin keluar dari lintasan, padahal faktanya mungkin
Casino | Mapyro
BalasHapusCasinos Near Casino, 경산 출장샵 MN · 경주 출장안마 Casinos Near 경주 출장마사지 Casino, MN · Hard Rock Hotel & Casino Sioux City, IN · Hollywood Casino Perryville, IN · 대전광역 출장마사지 Ameristar Council 당진 출장샵 Bluffs, IA