Tutorial Photoshop

Senin, 31 Juli 2017

Indikator dan Format Penilaian (Evaluasi) Pembelajaran


TUGAS
INDIKATOR DAN FORMAT PENILAIAN (EVALUASI)
PEMBELAJARAN

MATA KULIAH       :           TELAAH KURIKULUM
DOSEN PENGAMPUH        : RODY PUTRA SARTIKA S.pd, M.pd

OLEH :
IRWANDA AS YANTO
F02112053


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TANJUNGPURA
PONTIANAK
2014

INDIKATOR DAN EVALUASI
KI 1  : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi   atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3 : Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1
1.1 Menyadari  adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif
1.2      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,  demokratis, komunikatif ) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.

·         Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
·         Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan tugas.

·         Mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
·         Datang tepat waktu

2
2.1 Menunjukkan perilaku kerjasama, santun,  toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.


·         Menghormati guru dan orang yang lebih tua.

3
3.1   Memahami hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium serta peran kimia dalam kehidupan.
·         Menggunakan sarung tangan,masker dan jas lab saat berada di laboratorium
·         Mematuhi peraturan saat berada di dalam laboratorium
·         Menerapkan penggunaan alat dan bahan kimia dilaboratorium
4
4.3  Mengolah dan menganalisis truktur atom berdasarkan teori atom Bohr dan teori mekanika kuantum.

·         Menjelaskan teori atom mekanika kuantum.
·         Menentukan bilangan  kuantum  (kemungkinan elektron berada)
·         Menggambarkan  bentuk-bentuk orbital.
·         Menjelaskan kulit dan sub kulit serta hubungannya dengan bilangan kuantum


KI 1
Tujuan Pembelajaran   KD 1.1
1.      Siswa dapat memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
2.      Siswa dapat mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan tugas.


Tujuan Pembelajaran KD 1.2
1.      Siswa dapat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
2.      Siswa datang tepat waktu

KI 2
Tujuan Pembelajara KD 2.1
Siswa menghormati guru dan orang yang lebih tua


KI 3
Tujuan Pembeajaran KD 3.1
1.      Siswa dapat menggunakan sarung tangan,masker dan jas lab saat berada di laboratorium
2.      Siswa dapat mematuhi peraturan saat berada di dalam laboratorium
3.      Siswa dapat menerapkan penggunaan alat dan bahan kimia dilaboratorium

KI 4
Tujuan Pembelajaran KD 4.3
1.      Siswa dapat menjelaskan teori atom Bohr dan mekanika kuantum.
2.      Siswa dapat menentukan bilangan  kuantum  (kemungkinan elektron berada)
3.      Siswa dapat menggambarkan  bentuk-bentuk orbital.
4.      Siswa dapat menjelaskan kulit dan sub kulit serta hubungannya dengan bilangan kuantum
5.      Siswa dapat menyatakan kelemahan teori atom Bohr dan mekanika kuantum.


FORMAT EVALUASI BERUPA TABEL DAN SOAL
Evaluasi KI 1 dan KI 2 = Aspek sikap
No
Nama
Karakter yang dievaluasi
Jumlah
Religius
Tanggung Jawab
Jujur
Sopan Santun
Disiplin
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10








Keterangan :
·         Religius
Skor :

0 = untuk yang tidak berdoa ataupun mengucapakan salam
1 = untuk yang berdoa dan mengucapkan salam asal – asalan
2 = untuk yang berdoa khusyuk dan mengucapakan salam dengan benar

·         Tanggung jawab, jujur, sopan santun dan disiplin
Skor :
0 = untuk yang tidak teramati
1 = untuk yang teramati



Evaluasi KI 3
No
Nama

karakter yang dievaluasi
Jumlah nilai


Ketepatan merangkai alat percobaan
Ketepatan penggunaan alat
kebersihan
Penggunaan keselamatan kerja
1.






2.






3.






4.







Keterangan :
·         Ketepatan merangkai alat percobaan
Ket:     0= tidak dilakukan
                        1= rangakaian alat kurang sesuai prosedur
                        2= rangkaian alat sesuai prosedur
·         Ketepatan penggunaan alat
Ket:     0= tidak menggunakan alat yang tepat
            1= menggunakan alat yang tepat
·         Kebersihan
Ket:     0=tidak menjaga kebersihan tempat praktikum
            1=kurang menjaga kebersihan tempat praktikum
            2=menjaga kebersihan tempat praktikum
·         Penggunaan keselamatan kerja
Ket:     0=tidak menggunakan keselamatan kerja
            1=menggunakan keselamatan kerja tetapi tidak lengkap
                        2=menggunakan keselamatan kerja lengkap (jas lab, masker, sarung tangan)

Evaluasi KI 4
Soal
1.      Jelaskan teori atom Bohr dan mekanika kuantum!(skor 10)
Jawaban=
Teori atom niels bohr (1913)  = spektrum garis menunjukkan bahwa elektron dalam atom hanya dpat beredar pada lintasan dengan tingkat energi tertentu
mekanika kuantum  = elektron tidak dapat dipastikan keberadaannya
2.      Berapa nilai n dan l untuk sub kulit berikut : 3s, 5d dan 4f ?(skor 30)
Jawaban=
·        sub kulit 3s menujukkan nomor kulit, jadi n= 3
subkulit s memiliki l=0
·        sub kulit 5d, n= 5
subkult d memiliki l=2
·        sub kulit 4f, n=4
subkulit f memiliki l=3
3.      Gambarkan orbital dari atom-atom berikut (skor 30)
Nama atom
Nomor atom
Oksigen
8
Natrium
11
Nikel
26

Jawaban= terlampir

4.      Untuk kulit dengan n=6, berapa nilai l yang mungkin? (skor 20)
Jawaban= untuk kulit ke-n, maka maksimal l yang mungkin adalah n-1
Jadi untuk kult ke-6, l yang mungkin adalah 1,2,3,4 dan 5
5.      Apa kelemahan teori atom Bohr?(skor 10)
Jawaban= elektron tidak mungkin keluar dari lintasan, padahal faktanya mungkin




1 komentar:

  1. Casino | Mapyro
    Casinos Near Casino, 경산 출장샵 MN · 경주 출장안마 Casinos Near 경주 출장마사지 Casino, MN · Hard Rock Hotel & Casino Sioux City, IN · Hollywood Casino Perryville, IN · 대전광역 출장마사지 Ameristar Council 당진 출장샵 Bluffs, IA

    BalasHapus