HASIL
WAWANCARA SISWA KELAS EKSPERIMEN DAN KELAS KONTROL
(BERDASARKAN
HASIL
POSTTEST)
1. Hasil
wawancara terhadap siswa S4
(Siswa yang
mendapat nilai tinggi)
Peneliti:
Menurut kamu, soal tes yang kemarin saya berikan sulit atau tidak?
S4 : Tidak pak, Alhamdulillah saya paham.
Peneliti: Ini nilai hasil tes kemarin.
Apakah kamu puas dengan nilai yang kamu dapat?
S4
:Alhamdulillah puas pak. Terima kasih ya pak. Tapi, nilai pretest saya
ndak tuntas pak, soalnya materi belum diajarkan. Jadi saya isi yang saya tahu saja pak.
Peneliti: Iya
sama-sama. Menurut kamu, bagaimana dengan proses pembelajaran yang telah kita
laksanakan kemarin?
S4 : Suka pak. Saya lebih mudah mempelajari
materi kimia dengan cara
pembelajaran seperti diskusi kelompok kemarin.
Awalnya saya
merasa agak deg-degan pak, karena pembelajaran kemarin, sewaktu presentasi
nomor undian saya bisa tiba-tiba disebut dan saya harus siap maju dan menjawab
soal yang diberikan. Tapi lama-lama itu malah menjadi motivasi saya untuk
benar-benar mempelajari bagaimana memperoleh jawaban yang benar.
Peneliti: Bagus itu, kemudian saat
pembelajaran kemaren, apakah terdapat hambatan saat proses pembelajaran
kemarin?
S4
: Tidak ada sih pak, Cuma ada beberapa yang suka ribut pak.
Peneliti : Pertanyaan terakhir, menurut
kamu kimia itu sulit atau tidak ?
S4 :
Tergantung sih pak,
karena materi kimia ada yang mudah juga ada yang sulit
dipahami.
Peneliti : Baiklah, ya
sudah. Selalu rajin belajar ya.
S4
: Iya pak. Makasih
Pak.
2. Hasil
wawancara terhadap siswa S14
(Siswa yang
mendapat nilai rendah)
Peneliti:
Menurut kamu, soal yang kemaren sulit
atau tidak?
S14
: Lumayan sulit
pak.
Peneliti: ini nilai soal tes kamu kemaren. Apakah ada
kesulitan dalam mengerjakan soal tersebut?
S14: Semuanya susah pak, saya sih memang ndak suka pelajaran
kimia. Jadi saat pelajaran pak kemarin saya kurang
mendengarkan penjelasan bapak.
Peneliti : Menurut kamu, bagaimana
pembelajaran kemarin?
S14 : Enak sih pak, bapak membantu kami mengerjakan soal yang sulit.
Tapi saya takut pak, kalau tiba-tiba nomor undian saya
disebut dan saya harus maju untuk presentasi.
Peneliti: Ya sudah kalau begitu, kamu harus belajar menyukai pelajaran
kimia dan mengulang pelajaran kimia di rumah lebih giat lagi ya.
S14: Iya, terima kasih pak.
B.
KELAS
KONTROL
1. Hasil
wawancara terhadap siswa N19
(Siswa yang
mendapat nilai tinggi)
Peneliti:
Menurut kamu soal tes kemarin sulit
atau tidak?
N19:
Lumayan mudah pak.
Peneliti: Ini nilai soal tes kamu
kemarin, apakah kamu kesulitan menjawab soal tersebut?
N19:Alhamdulillah saya tuntas ya pak. Kayaknya sih saya ndak begitu kesulitan pak.
Peneliti: Apakah kamu memperhatikan
penjelasan bapak kemarin?
N19: saya memperhatikan kok pak, tapi kemarin saya agak ngantuk sih pak.
Peneliti: Berarti kamu
harus istirahat yang cukup supaya selalu semangat belajar. Menurut kamu, bagaimana
dengan proses peembelajaran kemarin?
N19 : Sama saja sih pak dengan yang
dilakukan guru, biasa aja kok.
Hanya saja saya lebih
paham jika bapak yang jelaskan karena
bapak orangnya ramah.
Peneliti: Alhamdulillah, kalau begitu
jangan lupa belajar lebih giat lagi dirumah ya.
N19:Iya pak. Terima kasih pak.
2. Hasil
wawancara siswa N18
(Siswa yang
mendapat nilai rendah)
Peneliti:Menurut
kamu, soal yang kemarin sulit
atau tidak?
N18:iya pak. Lumayan Sulit.
Peneliti :ini nilai soal tes kamu kemarin. apakah kamu
kesulitan mengerjakan soal tes kemaren?
N18:Semua soal tes kemarin sulit pak.
Saya tidak belajar pak, jadi saya menjawab cuma
yang ingat saja pak.
Peneliti :Kenapa tidak belajar?
N18 :Saat pretest saya ada sih belajar
dikit, tapi saya ndak ngerti soalnya materi belum dijelaskan. Saat posttest
kemarin saya habis kegiatan lomba
bahasa arab pak, jadi lupa mau belajar.
Peneliti :Lain kali jangan diulangi ya,
kalau main boleh saja asal ingat waktu dan jangan sampai lupa belajar?
N18:Iya pak!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar