Tutorial Photoshop

Rabu, 31 Januari 2018

Contoh Hasil Wawancara Penelitian NHT

HASIL WAWANCARA SISWA KELAS EKSPERIMEN DAN KELAS KONTROL
(BERDASARKAN HASIL POSTTEST)
A.  KELAS EKSPERIMEN
1.    Hasil wawancara terhadap siswa S4
(Siswa yang mendapat nilai tinggi)
Peneliti: Menurut kamu, soal tes yang kemarin saya berikan sulit atau tidak?
S4   : Tidak pak, Alhamdulillah saya paham.
Peneliti: Ini nilai hasil tes kemarin. Apakah kamu puas dengan nilai yang kamu dapat?
S4      :Alhamdulillah puas pak. Terima kasih ya pak. Tapi, nilai pretest saya ndak tuntas pak, soalnya materi belum diajarkan. Jadi saya isi yang saya tahu saja pak.

Peneliti: Iya sama-sama. Menurut kamu, bagaimana dengan proses pembelajaran yang telah kita laksanakan kemarin?
S4      : Suka pak. Saya lebih mudah mempelajari materi kimia dengan cara pembelajaran seperti diskusi kelompok kemarin.  Awalnya saya merasa agak deg-degan pak, karena pembelajaran kemarin, sewaktu presentasi nomor undian saya bisa tiba-tiba disebut dan saya harus siap maju dan menjawab soal yang diberikan. Tapi lama-lama itu malah menjadi motivasi saya untuk benar-benar mempelajari bagaimana memperoleh jawaban yang benar.
Peneliti: Bagus itu, kemudian saat pembelajaran kemaren, apakah terdapat hambatan saat proses pembelajaran kemarin?
S4      : Tidak ada sih pak, Cuma ada beberapa yang suka ribut pak.
Peneliti : Pertanyaan terakhir, menurut kamu kimia itu sulit atau tidak ?
S4          : Tergantung sih pak, karena materi kimia ada yang mudah juga ada yang sulit dipahami.
 Peneliti : Baiklah, ya sudah. Selalu rajin belajar ya.
S4      : Iya pak. Makasih Pak.
2.    Hasil wawancara terhadap siswa S14
(Siswa yang mendapat nilai rendah)
Peneliti: Menurut kamu, soal yang kemaren sulit atau tidak?
S14 : Lumayan sulit pak.
Peneliti: ini nilai soal tes kamu kemaren. Apakah ada kesulitan dalam mengerjakan soal tersebut?
S14: Semuanya susah pak, saya sih memang ndak suka pelajaran kimia. Jadi saat  pelajaran pak kemarin saya kurang mendengarkan penjelasan bapak.
Peneliti : Menurut kamu, bagaimana pembelajaran kemarin?
S14        : Enak sih pak, bapak membantu kami mengerjakan soal yang sulit. Tapi saya takut pak, kalau tiba-tiba nomor undian saya disebut dan saya harus maju untuk presentasi.
 Peneliti: Ya sudah kalau begitu, kamu harus belajar menyukai pelajaran kimia dan mengulang pelajaran kimia di rumah lebih giat lagi ya.
S14: Iya, terima kasih pak.
B.  KELAS KONTROL
1.    Hasil wawancara terhadap siswa N19
(Siswa yang mendapat nilai tinggi)
Peneliti: Menurut kamu soal tes kemarin sulit atau tidak?
N19: Lumayan mudah pak.
Peneliti: Ini nilai soal tes kamu kemarin, apakah kamu kesulitan menjawab soal tersebut?
N19:Alhamdulillah saya tuntas ya pak. Kayaknya sih saya ndak begitu kesulitan pak.
Peneliti: Apakah kamu memperhatikan penjelasan bapak kemarin?
N19: saya memperhatikan kok pak, tapi kemarin saya agak ngantuk sih pak.
Peneliti: Berarti kamu harus istirahat yang cukup supaya selalu semangat belajar. Menurut kamu, bagaimana dengan proses peembelajaran kemarin?
N19        : Sama saja sih pak dengan yang dilakukan guru, biasa aja kok. Hanya saja saya lebih paham jika bapak yang jelaskan karena bapak orangnya ramah.
Peneliti: Alhamdulillah, kalau begitu jangan lupa belajar lebih giat lagi dirumah ya.
N19:Iya pak. Terima kasih pak.
2.    Hasil wawancara siswa N18
(Siswa yang mendapat nilai rendah)
Peneliti:Menurut kamu, soal yang kemarin sulit atau tidak?
N18:iya pak. Lumayan Sulit.
Peneliti :ini nilai soal tes kamu kemarin. apakah kamu kesulitan  mengerjakan soal tes kemaren?
N18:Semua soal tes kemarin sulit pak. Saya tidak belajar pak, jadi saya menjawab cuma yang ingat saja pak.
Peneliti :Kenapa tidak belajar?
N18        :Saat pretest saya ada sih belajar dikit, tapi saya ndak ngerti soalnya materi belum dijelaskan. Saat posttest kemarin saya habis kegiatan lomba bahasa arab pak, jadi lupa mau belajar.
Peneliti :Lain kali jangan diulangi ya, kalau main boleh saja asal ingat waktu dan jangan sampai lupa belajar?
N18:Iya pak!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar